Dermaga Niaga Maurole Ende, Segera di Fungsikan Awal November 2020

BAGIKAN

Ende.Spektrum-ntt.com||Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende memastikan pada awal bulan November 2020 ini dermaga niaga Maurole di Kecamatan Maurole Kabupaten Ende akan difungsikan 

Karena jika difungsikan, pemanfaatannya untuk melayani masyarakat maupun mobilitas barang dari dan ke Ende melalui pantai utara kabupaten Ende.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ende,Chairrudin kepada awak media di Ende, Senin (26/10/2020) 

Menurut Chairrudin pengerjaan dermaga niaga Maurole sudah selesai dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu, namun hingga saat ini belum dimanfaatkan, karena alasan tertentu, namun kita sudah pastikan awal novemver 2020 ini akan kita fungsikan penggunaannya untuk melayani masyarakat maupun mobilitas barang dari dan ke Ende.

Ia menjelaskan KSOP Ende sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan juga masyarakat setempat untuk kelancaran acara peresmian dermaga niaga pada awal November 2020 mendatang. Namun saat ini, pihaknya masih melengkapai berbagai fasilitas gedung yang belum ada yakni meteran listrik dan air sehingga pada saat peresmian sudah ada.

"Acara peresmian dermaga dilakukan melalui seremonial adat dengan memotong hewan kurban dan rencananya awal November ini dilaksanakan" Ujarnya.

Chairrudin menambahkan selain untuk aktivitas bongkat muat barang maupun penumpang, dermaga ini juga dimanfaatkan pengangkutan hewan ternak secara resmi ke luar daerah.

Dermaga niaga Maurole ini akan disinggahi kapal-kapal perintis dari berbagai wilayah di antaranya Maumere, Mbay, Reo dan beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan yakni Jeneponto dan Selayar.

Fasilitas dermaga yang dimiliki antara lain gedung terminal, lapangan penumpukan, rumah dinas untuk kepala wilker sementara panjang dermaga mencapai 60 meter dengan lebar 4 meter. (**/red

 

penulis A Aku Suka

editor EppyM photo istimewa 

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup