Di Sikka, Pembukaan KBM Tatap Muka Terbatas Akan Dilakukan Mulai 26 Juli

 

SIKKA. SPEKTRUM-NTT.COM || Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sikka, Mayella Da Cunha, S. Sos mengeluarkan Surat Edaran tentang pelaksanaan Awal Tahun Ajaran 2021/2022 dan KBM di masa Pandemi. Surat Edaran ini ditujukan kepada Kepala Sekolah tingkat satuan Pendidikan TK/RA//Paud, SD/MI, SMP/MTs, dan SKB Sikka yang dikeluarkan pada, Jumat (23/7/2021). 

 

Ada dua point dari surat yang dikeluarkan oleh Kadis Pendidikan Sikka yakni pertama, awal tahun ajaran dimulai pada tanggal 26 Juli 2021, dan kedua, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan sistem KBM tatap muka terbatas. Keputusan tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan surat edaran Bupati Sikka nomor, Satuan Tugas 282/C-19/VII/2021 tanggal 22 Juli 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM) untuk pengendalian penyebaran COVID-19 dalam wilayah Kabupaten Sikka. 

 

Adapun mekanisme Pelaksanaan KBM Tatap muka Terbatas berdasarkan SE Kadis PKO nomor PKO. 421.2/23/VII/2021 Tanggal 23 Juli 2021 tentang Strategi Pembelajaran tahun ajaran 2021 yakin untuk jenjang TK/RA/PAUD: Waktu KBM mulai jam 08.00 sampai jam 09.30, peserta maksimal 8 orang dalam waktu kegiatan belajar, dan apabila jumlah siswa lebih dari 8 orang, maka dapat diatur 50?ri jumlah siswa yang dapat belajar dalam satu waktu Pembelajaran, dan dan kehadiran orang tua diperbolehkan dengan menerapkan prokes yang ketat. 

 

Untuk jenjang SD/MI dengan jadwal KBM tatap muka yakni Senin, Rabu, dan Jum'at untuk kelas 1 dan 3, dan Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk kelas 4 dan 6, dan dalam satu pekan siswa belajar di sekolah minimal 3 hari. 

 

Untuk jenjang SMP/MTs yakni untuk hari Senin dan Kamis, Kelas 7, Selasa dan Jum'at, Kelas 8, Rabu dan Sabtu, Kelas 9, dan dalam satu pekan siswa belajar di sekolah minimal 2 hari dengan waktu KBM dimulai jam 07.30 sampai 11.30

 

Untuk kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PTS), ditiadakan, dan sekolah berkoordinasi dengan Puskesmas dalam memperkenalkan tata cara penggunaan PROKES melalui sistem Daring dan Luring, dan untuk waktu KBM tatap Muka terbatas dilakukan tanpa jeda Istirahat.

 

Kantin/ Penjualan di lingkungan Sekolah tidak diperkenankan untuk dibuka atau berjualan, dan peserta didik dapat membawa bekal dari rumah masing-masing. Satuan Pendidikan tidak boleh menambah waktu sesuai ketentuan dan tidak boleh melakukan kegiatan ekstra di sore hari. Setiap siswa yang tiba di sekolah diperiksa suhu tubuhnya dan langsung masuk kelas, dan setelah selesai KBM langsung di jemput oleh Ortu untuk menghindari kerumunan di sekolah.

 

Satuan Pendidikan wajib melaksanakan PROKES yang ketat seperti pakai masker, mengukur suhu badan, mencuci tangan dan menjaga jarak serta memperhatikan kondisi dan perkembangan kesehatan setiap siswa, dan setiap satuan Pendidikan wajib menggunakan masker secara benar. Dan jika satuan Pendidikan tidak mematuhi atau mentaati PROKESPROKES, maka KBM tatap Muka langsung dihentikan dan dan KBM dilaksanakan dengan sistem belajar dari Rumah dengan menggunakan sistem Daring dan Luring.

 

Kurikulum yang digunakan yakni kurikulum dalam kondisi khusus di masa pandemi COVID-19 dengan hanya menitikberatkan pada Literasi, Numerasi dan Pendidikan Karakter sesuai dengan SK Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Perbukuan no 018/H/KR/2020 pada jenjang PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah untuk kondisi Khusus.

 

Kadis PKO Sikka, Mayella Da Cunha, S. Sos ketika dimintai keterangan nya, Sabtu (24/7/2021) mengatakan bahwa KBM tatap muka dalam masa pandemi COVID-19 ini sangat perlu untuk dilakukan agar menghindari resiko peserta didik kehilangan kesempatan untuk belajar.(**/red 

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup