Dialog Dua Tahun Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Sektor Pariwisata Jadi Primadona

Dialog Dua Tahun Kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT, Sektor Pariwisata Jadi Primadona

KUPANG. Spektrum-ntt.com || Peringati dua tahun kepemimpinan Gubernur dan wakil Gubernur NTT dengan Berbagi Informasi, Mengungkap jejak-jejak Karya dalam dua tahun kepemimpinan Gubernur, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dan Wakil Gubernur, Josef A. Nae Soi (JNS). Sejak (05 September 2018 - 05 September 2020) diselenggarakan di aula rumah jabatan Gubernur NTT, sabtu,(05/09/2020). 

Memasuki dua tahun kepemimpinan Victory - Joss, keyakinan mereka bahwa pariwisata akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan gerakan kebangkitan sektor lainnya. Pariwisata ditetapkan sebagai Prime Mover pembangunan dapat memicu kebangkitan sektor-sektor lainnya seperti Pertanian Peternakan dan kelautan, seperti infrastruktur memberi hasil yang menggembirakan ringkasan jurnal Viktor Bungtilu Laiskodat dan wakil gubernur Josef A.Nae Soi, sejak awal bahwa pembangunan pariwisata adalah membangun peradaban menciptakan dan melayani imajinasi manusia.

Prof Daniel Kameo, mengatakan dari berbagai sektor yang ada di NTT terdapat salah satu sektor adalah sektor Pariwisata, sebab secara potensi dan indikasi yang terjadi Pariwisata merupakan penggerak utama perekonomian yang di lihat dari kajian ilmiah selama satu tahun sebelum masa Kepemimpinan Gubernur VBL.

" Pariwisata sebagai penggerak utama perekonomian NTT (Prime mover), atau sebagai lokomotif, yang berarti bahwa dalam kajian ilmiah dalam satu tahun kepemimpinan Gubernur NTT dan Wagub NTT, sebelumnya kita telah melakukan penelitian Pariwisata dari berbagai sektor ekonomi yang berada di NTT bahwa Pariwisata baik secara potensi dan indikasi Pariwisata sebagai motor penggerak, sebab NTT salah satu Pariwisata yang ada di Indonesia memiliki potensi yang paling besar, dan salah satu terbaik di dunia " ungkap prof Daniel Kameo

Lanjut prof Kameo, Untuk melihat trend dan potensi dunia sektor yang berkembang paling cepat adalah sektor Pariwisata.

" dengan melihat perkembangan dunia sektor yang perkembangannya paling cepat yaitu sektor Pariwisata, sektor yang tingkat pertumbuhannya paling cepat, dan pola kehidupan masyarakat dunia bersifat traveling maka melalui berbagai jenis media akan lebih mudah memberi informasi bagi masyarakat luar untuk mengunjungi suatu daerah, dengan memosting foto yang di ambil dari daerah tertentu, baik budaya, maupun jenis wisata lainnya dengan berkembangnya IPTEK " jelas Kameo 

Dengan pendekatan pembangunan yang terintegrasi, wajah Pariwisata NTT mulai kelihatan paras cantiknya (Ring of beauty ), serta besarnya energi yang dikeluarkan dalam membangun Pariwisata mampu mewujudkan espektasi imajinasi bagi wisatawan.

Kerja keras yang sedang dilakukan oleh Gubernur VBL dan Wagub JNS yang sedang dan terus di garap duet kepemimpinan Viktory-Joss di sektor Pariwisata dan sektor pendukung lainnya, sebab Pariwisata sebagai penggerak utama perekonomian (Prime Mover).

Dalam 2 tahun kepemimpinan Victory Joss pembangunan pariwisata NTT yang berbasis pendekatan inclusive dan berbasis sumber daya lokal ( Local resource-base ) dengan strategi community Based tourism Mulai menunjukkan progress yang mengembirakan. peningkatan kualitas beberapa destinasi wisata prioritas seperti pantai Liman, pegunungan fatumnasi, Koanara, Desa para pemburu paus lamalera, pantai wolwal,pantai primadyta dan kawasan mulut seribu mulai memberi dampak nyata bagi masyarakat. dan empat destinasi tersebut telah di resmikan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Bertindak sebagai pembicara, anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan, Prof Daniel Kameo, Asisten Bidang Pemerintahan Setda NTT Benyamin Lola dan Kepala Bapelitbangda, Kosmas Lana. Kepala Dinas Kominfo NTT, Aba Maulaka dalam acara itu bertindak sebagai moderator. Hadir pula dalam kesempatan itu, pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Provinsi NTT, serta para awak media se NTT.(**/red 

 

Penulis: Nixon

editor EppyM photo istimewa