Ezaf Mbuik, Kades Kolobolon Yang Inovatif, Terus Menata Tempat Wisata Air Terjun Oefamba

Ezaf Mbuik, Kades Kolobolon Yang Inovatif, Terus Menata Tempat Wisata Air Terjun Oefamba

ROTE NDAO - SpectrumNTT.com || Pesona alam Air Terjun "Oefamba" yang menawan diselimuti pepohonan hijau yang rindang dan sejuk itu makin memancing banyak wisatawan lokal untuk menghabiskan waktu libur dengan berwisata di lokasi tersebut, yakni di Desa Kolobolon, Kec. Lobalain, Kab. Rote Ndao.

Satu-satunya tempat Wisata Air Terjun di Kab. Rote Ndao ini mulai dikenal oleh publik sejak 2 bulan lalu, yang hingga hari ini masih terus ramai dikunjungi wisatawan. Bahkan rata-rata per hari bisa sampai 200an orang yang kunjungi lokasi tersebut.

Semua itu tak luput dari peranan seorang Ezaf Mbuik yakni Kepala Desa (Kades) Kolobolon yang baru hampir 3 bulan menjabat sebagai Kades. Sejak awal menjabat sebagai Kades, Ezaf selalu gencar mempromosikan tempat Wisata Air Terjun Oefamba secara terus-menerus di media sosial. Juga Ezaf Mbuik selalu merangkul masyarakat Desa Kolobolon untuk ikut bergotong royong dalam menata dan membenahi lokasi wisata Air Terjun Oefamba.

Mulai dari membuat tempat parkiran, menata anak tangga menuju lokasi Air Terjun, membangun sarana kamar ganti bagi pengunjung, membuat jembatan kecil, hingga membuat tempat duduk untuk pengunjung bersantai hingga memberikan akses bagi masyarakatnya berjualan makanan dan minuman di lokasi tersebut, semua upaya kerja keras itu kini mulai menampakkan hasil positif yang terus meningkat. 

Hingga kini tak hanya masyarakat biasa yang kunjungi Air Terjun Oefamba, tapi juga sudah banyak kalangan pejabat daerah di lingkup Pemerintah Daerah Rote Ndao, termasuk Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, SE pun juga pernah sempatkan waktu mengunjungi tempat Wisata Alam, Air Terjun Oefamba. Bahkan Bupati Rote Ndao turut menyumbangkan 100 sak semen dan cat untuk penataan lokasi wisata tersebut. 

Saat dijumpai media ini di lokasi Wisata Air Terjun Oefamba pada Sabtu sore (12/6/2021) Ezaf Mbuik menyampaikan limpah terimakasih pada seluruh warga Rote Ndao yang sudah mengunjungi lokasi wisata di Desa Kolobolon itu, juga berterimakasih pada para Donatur yang telah ikut membantu menyumbangkan bahan material (Semen, Pasir, Cat, dll) hingga dirinya bersama masyarakatnya bisa terus mempercantik lokasi wisata Air Terjun Oefamba. 

"Saya berterimakasih pada semua wisatawan yang telah mengunjungi lokasi wisata Air Terjun Oefamba di Desa Kolobolon. Juga terimakasih untuk semua donatur yang sudah turut menyumbangkan banyak bantuan untuk kami menata lokasi wisata alam ini. Terutama terimakasih untuk Ibu Bupati Rote Ndao yang juga turut mendukung kami," ungkap Ezaf Mbuik, Kades Kolobolon.

"Walaupun sekarang sudah pakai tarif karcis masuk yang murah, Jangan bosan-bosan datang Air Terjun Oefamba. Kami masyarakat Desa Kolobolon tetap bahagia menyambut semua wisatawan yang datang kesini. Dan kami akan terus benahi tempat wisata untuk kenyamanan pengunjung." ungkap Ezaf Mbuik.

Terkait dengan pemberlakuan tarif masuk, Ezaf Mbuik menjelaskan bahwa tarif masuk itu masih tergolong murah dan hasil pendapatan dari Karcis masuk itu pun akan digunakan untuk menata lokasi wisata Air Terjun Oefamba untuk menjadi lebih baik lagi.

"Hasil pungutan dari karcis masuk akan masuk dalam Pendapatan Asli Desa (PAD) yang tetap akan digunakan untuk terus meningkatkan sarana dan fasilitas di tempat wisata Air Terjun Oefamba. Juga pendapatan dari Karcis masuk akan dipakai dalam biaya Insentif para anak muda yang bertugas disini dalam menjaga dan membersihkan lokasi ini." Jelas Ezaf Mbuik. 

Ezaf Mbuik juga menjelaskan bahwa dirinya sangat berharap agar Lokasi Wisata Air Terjun Oefamba di Desa Kolobolon juga bisa menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi masyarakat dengan berjualan makanan dan minuman, serta menjadi suatu lapangan kerja baru bagi anak-anak Muda yang turut dalam membenahi tempat wisata itu. 

Untuk diketahui bahwa tarif karcis masuk di Lokasi Wisata Air Terjun Oefamba adalah sebesar Rp 2000/orang dewasa dan Rp 1000/anak-anak, sedangkankan tarif parkir kendaraan adalah Rp 2000/kendaraan Roda 2 dan Rp 5000/Kendaraan Roda 4. Tarif ini masih tergolong sangat murah bagi setiap kalangan masyarakat. (Daniel Timu)