Gedung Ine Pare Ende Mubasir, Tidak Ada Perhatian Oleh Pemda

Gedung Ine Pare Ende Mubasir, Tidak  Ada Perhatian Oleh Pemda

ENDE. Spektrum-ntt.com|| Kondisi fisik Gedung Ine Pare yang sudah rusak parah dan tidak layak di pakai ini menjadi mubasir. Membuat Awak media mencari tahu langsung pada Sekretaris penggerak PKK Kabupaten Ende, Ibu Maria Ima Kulata, di Gedung Sekretariat Ine Pare Ende pada Senin 14/06/2021 

 

Maria Ima Kulata mengatakan bahwa maksud dan tujuan Gedung Ine Pare ini adakah untuk fasilitas umum dan untuk pertemuan dari kalangan perempuan khususnya ibu-ibu PKK, guna untuk pemberdayaan kaum perempuan maka Gedung inilah yang dipakai, makanya di sebut Ine Pare. kalau di artikan dengan bahasa Ende Lio, Ine adalah mama atau pada umumnya perempuan, Pare itu padi. itu filosofi sejarah dulu.

 

Terkait dengan perawatan gedung Ine Pare ini apakah ada dana dari Pemda yang di alokasikan, dirinya mengatakan tidak ada dana sepeserpun dari Pemda, untuk perawatan Gedung Ine Pare. hanya betul-betul pendapatan dari Dinas-dinas terkait yang sewa Gedung, maka inipun hanya khusus untuk bayar listrik, air, dan klining servis, sedangkan untuk kegiatan yang lain atau renovasi Gedung tidak ada sama sekali. ungkapnya. 

 

Dirinya menjelaskan ada banyak kegiatan organisasi yang menggunakan Gedung ini seperti tim penggerak PKK, Darmawanita, dan Koperasi. yaitu Koperasi Moisi kepunyaan kami sendiri, yang kantornya ada di belakang, ada juga Sekretariat tim penggerak PKK dan Sekretariat Dharmawanita namun karna dengan adanya Pendemi Covid 19 maka dianjurkan untuk jangan dilaksanakan, tetapi kami sendiri menjalankan kegiatan tetap menggunakan protokol kesehatan, sedangkan sosialisasi dan lainya kami sudah menggunakan Online. lanjutnya .

 

mengenai program-program dari kaum perempuan seperti kreatifitas budaya, yang selama ini ia mengungkapkan jika banyak program yang telah dijalankan oleh Penggerak PKK yang terdiri dari 10 program. 

"Banyak program yang kami jalankan selama ini dari kami tim penggerak PKK sendiri ada sepulu program pokok PKK yaitu, berkaitan langsung dalam kehidupan keluarga sehari-hari. seperti penghayatan dan pengamalan Pancasila itu lebih berkaitan dengan pola asuh anak, Budi prakarti, dengan sifatnya gotong royong". Ungkap Maria. 

 

Sementara itu Maria Ima Kulata juga mengatakan Pendidikan dan keterampilan lebih pada pelatihan-pelatihan, dan demonstrasi-demonstrasi. karna dengan adanya pendidikan maka pihak PKK juga menyediakan Paud binaan. 

"Kami juga menyediakan Paud Binaan, yaitu Paut Binaan Sare Pawe letaknya di jalan Nangka". Ungkapnya. .

 

Lanjutnya bahwa ada juga usaha ekonomi produktif, gerakan pemanfaatan pekarangan, gerakan pembersihan lingkungan, gerakan penghijauan, apa lagi PKK ini di bangun dari pusat sampai dengan yang paling kecil adalah Dasawisma.

 

Dirinya mengharapkan kepada pemilik Gedung yaitu pihak Pemerintah Daerah bahwa Gedung Ine Pare ini letaknya sudah strategis apa lagi di tengah-tengah kota, sebaiknya Gedung ini di renovasi lagi dan bukan hanya gedung saja yang rusak tetapi serana prasarana juga seperti meja, kursi, sound sistem, dan yang lain-lain,

supaya layak dan di manfaatkan oleh banyak orang. lebih-lebih kepada kami kaum perempuan jangan sampai pemerintah menganggap kami perempuan kaum yang lemah dan tidak ada guna. ungkap Maria Ima Kulata(**/red