Ini Syarat Pemilihan Putra dan Putri Kabupaten Malaka 2021

Ini Syarat Pemilihan Putra dan Putri Kabupaten Malaka 2021

Malaka, Spektrum-ntt.com||Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Malaka menggelar kegiatan Pemilihan Putra dan Putri Malaka 2021. 

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Malaka, Ny. Ceicilia Bere Buti kepada media menyampaikan bahwa,"tahap awal dalam seleksi ini adalah melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan dari peserta. Untuk proporsional sudah disediakan oleh ketentuan panitia pelaksana melalui tim seleksi, pungkas wakil ketua Tim penggerak PKK.

Lebih lanjut, Ny. Ceicilia mengatakan bahwa; setelah melakukan pengukuran tinggi badan dan berat badan, selanjutnya panitia akan melakukan seleksi terhadap peserta guna mengukur kemampuan peserta dalam berbahasa bahasa Inggris (English Capability). Tidak terlalu banyak menguasai bahasa inggris secara keseluruhan namun setidaknya para peserta punya sedikit kemampuan dalam berbahasa inggris, tuturnya.

"Para peserta kegiatan ini direkrut dari setiap kecamatan yang tersebar di wilayah kabupaten Malaka dan dibuka secara umum. Tidak menutup kepada siapa saja yang berminat, warga masyarakat Malaka yang berE-KTP untuk mendaftarkan diri jika berminat", tandas Ny. Ceicilia.

Apabila tinggi dan berat badan peserta kegiatan tidak memenuhi kriteria, maka peserta dinyatakan gugur dan tidak lulus dalam tahap seleksi ini. Akan tetapi, bagi peserta yang dinyatakan gugur dalam seleksi ini, diharapkan agar tidak putus asa ataupun kecewa karena kedepannya akan diadakan event-event lain, jelas wakil ketua TP PKK.

Kegiatan seleksi pemilihan putra dan putri Malaka ini diadakan melalui beberapa tahapan, diantaranya; yang pertama peserta harus melakukan registrasi dan pendaftara. Tahap kedua, panitia akan melakukan pengukuran tinggi dan berat badan para peserta yang sudah mendaftarkan diri. Tahapan terakhir hasil perolehan baik dari tahap awal dan tahap kedua, panitia akan melakukan penjaringan lagi agar bisa memperoleh kuota yang dibutuhkan yakni sebanyak 5 orang peserta yang akan masuk ke babak final, bebernya.

"Peserta yang lolos dan keluar sebagai pemenang atas event pemilihan putra dan putri Malaka akan dihadapkan dengan berbagai macam tugas. Sebab, kedepannya sosok finalis putra-putri yang menjuarai event ini akan dijadikan sebagai icon kabupaten Malaka".

Setiap ada kegiatan dalam ruang lingkup kabupaten Malaka, para finalis ini akan diikut sertakan. Dengan maksud untuk mendampingi orang-orang dalam mempromosikan kabupaten Malaka ini.

"Sebagai sampel di bidang pariwisata para finalis ini akan menjadi iconnya. Para finalis ini akan mempromosikan kabupaten Malaka kepada pengunjung baik tourist baik domestic maupun luar negeri. Disamping itu para final juga bisa memperkenalkan bahwa kabupaten Malaka ini memiliki potensi pariwisata yang luar biasa".

Destinasi wisata yang akan ditayangkan itu hanya dalam ruang lingkup kabupaten Malaka. Sebab para finalis ini dipilih untuk bisa mengembangkan segala potensi yang ada di wilayah Malaka secara khusus, terutama di bagian pariwisatanya.

Lanjut Ny. Ceicilia,"kedepannya saya akan meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas pariwisata kabupaten Malaka untuk bekerja sama guna membangun pariwisata dan atau tempat-tempat wisata yang ada di kabupaten ini". 

Sehingga putra-putri malaka yang akan keluar sebagai finalis dapat dijadikan sebagai icon untuk memperkenalkan destinasi wisata di seluruh Indonesia maupun manca negara. Karena wilayah Malaka dihimpit oleh tempat-tempat wisata yang sangat bagus dan punya nilai jual yang tinggi. Akan tetapi saat ini belum dikembangkan, ungkap Ibu Wakil TP PKK.

Para finalis yang keluar sebagai pemenang event ini akan dikirim ke provinsi ataupun tingkat nasional untuk mengikuti event-event yang akan diselenggarakan disana.

Harapan dan ajakan saya,"mari bersama putra dan putri Malaka, anda sekalian memiliki bakat dan kemampuan. Namun selama ini masih terpendam karena kapasitas SDM di kabupaten Malaka saat ini masih sangat rendah. Sehingga bakat dan talenta yang dimiliki oleh anak muda malaka selama ini belum bisa ditunjukkan kepada publik. Saat ini sudah kita mulai, ayo kembangkan kapasitas pribadi kalian melalui event seperti ini", tutup Ny. Ceicilia Bere Buti.

(Novry)