Ke Sulamu, Demokrat Kabupaten Kupang Bagi Bantuan dan Serap Aspirasi Warga

Ke Sulamu, Demokrat Kabupaten Kupang Bagi Bantuan dan Serap Aspirasi Warga

KUPANG. SPEKTRUM-NTT.COM || Bantuan dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada korban bencana siklon tropis seroja di NTT terus berdatangan, Kabupaten Kupang sebagai salah satu daerah yang dilanda badai seroja juga mendapat bantuan tersebut. DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang yang dipimpin Winston Neil Rondo memimpin langsung aksi tersebut, dirinya dan rombongan membagikan paket bantuan di Kecamatan Sulamu, minggu (9/5/2021).

 

Aksi kemanusiaan ini merupakan tahap ke-3 yang merupakan tahapan lanjutan penyerahan bantuan kepada korban siklon tropis seroja di Kabupaten Kupang, dalam aksi tersebut Winston dan rombongan mendatangi tujuh RT di Desa Pariti dan Oeteta, Partai Demokrat membantu 70 KK, tempat tinggal keluarga tersebut mengalami kerusakan langsung karena dampak bencana banjir dan angin kencang.

 

Dalam kesempatan tersebut, rombongan Partai Demokrat menerapkan metode berbeda dalam penyaluran bantuan dengan mengunjungi langsung setiap warga yang dilanda bencana, “ada lima RT di Pariti dan dua RT di Oeteta. Pariti dilanda banjir dan sebagiannya angin sedangkan di Oeteta dilanda angin kencang sehingga banyak pepohonan tumbang dan menindih rumah warga,” kata mantan Ketua Pemuda Sinode GMIT ini.

 

Ketua Umum AHY, memberikan 70 paket bantuan di Kecamatan Sulamu, bantuan tersebut terdiri dari beras, mie instan, gula pasir, vitamin c dan masker.

 

Dalam kesempatan tersebut Partai Demokrat juga berdialog untuk mendengarkan keluhan warga setempat, masyarakat mengisahkan bahwa setiap tahundaerah tersebut dilanda banjir, namun dengan perubahan air sungai akibat dari perusahaan yang bekerja dalam pengolahan pasir dan batu, tetapi hanya 10-20 cm. Tahun ini karena curah hujan cukup besar, maka air yang masuk cukup tinggi bahkan endapan lumpur juga masuk rumah warga, “kami terpaksa mengungsi beberapa hari , atap juga dibawa angin, ada juga yang tertindih pohon, bukan hanya itu, rumah terendam air dan endapan lumpur kali,”.kata salah satu warga.

 

Aspirasi lain warga Pariti adalah meminta bantuan Pemerintah Kabupaten dan Provinsi agar segera dibangun tanggul di daerah Pariti yang menghadap ke pemukiman warga, tujuan mereka adalah agar banjir yang melanda daerah tersebut bisa berkurang volumenya, selain itu, warga Pariti juga meminta agar mengatur kembali tata kelola pemanfaatan bahan tambang galian c karena sudah sembrawut dan tidak teratur, “saudagarnya mau dapat duit tetapi warga yang dirugikan, bukan hanya rumah yang rusak tetapi padi dan jagung yang siap panen hilang dibawa banjir, kami titipkan ini kepada Partai Demokrat,” ujar salah satu masyarakat Sulamu.

 

Menanggapi aspirasi tersebut, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang, Winston Neil Rondo mengatakan bahwa isi hati Partai Demokrat adalah niat berbagi dari keterbatasan yang dimiliki, tugas DPC adalah melanjutkan bantuan langsung dari Ketua Umum AHY yang hadir langsung di NTT khususnya di Kota Kupang, “kami memastikan bahwa ini sampai di tangan yang betul-betul membutuhkan, kita berharap walaupun keciil dan terbatas masyarakat bisa merasakan suka cita dan dukungan Partai Demokrat,”tutur Winston.

 

Rencana DPC Partai Demokrat dalam minggu ini adalah melanjutkan aksi bagi bantuan di Desa Tanini dan Kecamatan Amfoang Tengah yakni di Desa Bitobe dan beberapa desa sekitar, dalam aksi tersebut semangat Partai Demokrat menjelaskan bahwa partai politik tidak hanya hadir saat pemilu atau pilkada saja.(**/red