Kolaborasi Pemprov NTT dan Australia Luncurkan Program SKALA

BAGIKAN

Kupang,Spektrum-ntt.com|| Pemerintah Provinsi NTT berkolaborasi bersama Pemerintah Australia meluncurkan Program Sinergi dan Kolaborasi untuk Akselerasi Layanan Dasar (SKALA).

Peluncuran program SKALA NTT itu dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTT, Kosmas Damianus Lana dan Steve Scott, Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, didampingi Ketua DPRD Provinsi NTT Ir.Emelilia Nomleni dan Wakil Ketua DPRD NTT Inche Sayuna, berlangsung di Kota Kupang. Selasa, 25 Juli 2023.

Pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) menyampaikan bahwa, Pemerintah NTT menerima program SKALA yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk NTT. Program tersebut dilaksanakan selama 8 tahun, dimulai pada bulan ini hingga bulan September tahun 2030.

"Program SKALA ini memberikan bekal pengetahuan kepada NTT agar beberapa indikator makmur bisa setara dengan provinsi lain. Misalnya IPM, kemiskinan, dan indikator-indikator yang membentuk angka komposit di dalam IPM itu, nanti juga di aspek-aspek lain untuk meningkatkan tingkat partisipasi perempuan dan indeks pembangunan gender. Kita akan mendapat bekal ilmu dari SKALA kepada sesama kita di pemerintahan,” jelasnya.

Sekda NTT ini juga berharap, beberapa tahun kedepan dari program SKALA IPM NTT saat ini 67 bisa meningkat 70 hingga 71.

Pada kesempatan itu Steve Scott, Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia kepada media menjelaskan bahwa, tujuan program SKALA di NTT untuk memperkuat kemampuan dan kapasitas daerah provinsi dan kabupaten, misalnya dalam pengelolaan keuangan.

"SKALA berfokus pada penguatan elemen strategis sistem pemerintahan daerah di Indonesia, seperti perumusan kebijakan, perencanaan dan penganggaran berbasis bukti, Manajemen Keuangan Publik, kepemimpinan lokal dan penguatan perspektif dan pengarusutamaan kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial.l," jelas Steve.

Selain itu, Steve mengungkapkan NTT memerlukan dukungan untuk menembus pembangunan daerah yang baik. "Karena NTT sangat dekat dengan Australia, jadi memiliki tetangga yang kuat ekonominya dan kuat tatanan pemerintahan itu sesuatu yang menyenangkan dan perlu kami lakukan," ungkap Steve.

Lanjutnya, program tersebut tersebar di beberapa provinsi yang ada di Indonesia, sehingga pemerintah daerah tidak menerima bantuan berupa uang, melainkan bantuan teknis serta penguatan kapasitas.

“Kita bekerja sama dengan beberapa daerah termasuk di seluruh Provinsi di Papua, Maluku Utara, Sulawesi, Gorontalo, NTB, Kalimantan, Aceh, dan NTT," urai Steve.

SKALA akan mendukung pemangku kepentingan utama secara nasional (yang menetapkan kebijakan, prioritas dan mengalokasikan pendanaan) dan daerah (dimana layanan diberikan), serta mendorong kolaborasi dengan program DFAT lainnya terutama INKLUSI, PROSPERA, KIAT dan program sektoral lainnya. Pendekatan ini akan mendukung pemangku kepentingan dan penentu kebijakan untuk berkolaborasi serta menyelaraskan upaya, sumber daya dan keahliannya.

SKALA juga akan berupaya meningkatkan jangkauan dan dampak dari berbagai terobosan dan pembelajaran pada program-program kemitraan Australia-Indonesia sebelumnya (ACCESS, LOGIKA, ANTARA, AIP-D dan KOMPAK).

Penulis : Nixon Tae

- Sponsored Ad - Advertisement

IKLAN

wave logo

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Tekan ESC untuk menutup