Koordis THS-THM Atambua, Ajak Anggotanya Junjung Tinggi Asas Organisasi Ditengah Pademi Covid-19

BAGIKAN

Atambua.Spektrum-ntt.com|| Koordinator THS-THM Distrik Keuskupan Atambua-Timor Dominikus M. Bele, S. Ip., M. Sos  kembali mengumandangkan seruan kasih kepada seluruh anggota THS-THM Keuskupan Atambua secara universal agar menjaga nilai-nilai Luhur Organisasi seraya menjunjung tinggi semboyan, asas, sifat organisasi ditengah pandemi covid-19 jelang Dirgahayu Kemerdekaan NKRI. Rabu, 04 Agustus 2021.

Melalui WhatsApp pribadinya kepada media menyampaikan bahwa,"momentum tahun kedua upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan NKRI akan berlangsung lebih pasif dari pada aktif dibanding tahun-tahun sebelum yang meriah diseluruh pelosok Nusantara dengan berbagai kegiatan", ungkap Dominikus.

"Sebagaimana tahun 2020 HUT kemerdekaan RI dilakukan ditengah pemberlakuan PSBB namun tahun ini adalah kembali dihimpit oleh peraturan pemerintah tentang PPKM. Kebijakan pemerintah dari istilah tersebut sesungguhnya merupakan salah satu upaya serta kebijakan yang diambil oleh pemerintah guna meminimalisir penyebaran virus ditengah dinamika aktifitas maupun interaksi sosial yang sangat tinggi", jelas Koordis THS-THM Keuskupan Atambua.

Sehubungan dengan itu, PPKM yang diterapkan saat ini telah membuktikan angka penyebaran virus sedikit berkurang dari sebelumnya. Maka yang menjadi perhatian serius agar tetap sehat dan patuhi PPKM adalah Kuncinya berdamai dengan virus Corona yang saat ini terus mencekam suasana keberadaan kita disertai dengan disiplin dalam tindakan dengan menerapkan 5 M yang digaungkan oleh kementrian kesehatan mengenai protokol kesehatan bagi masyarakat Nusantara Indonesia. 

Dengan kedisiplinan dan kepatuhan terhadap semua regulasi dan kebijakan masalah penyebaran virus ditengah persiapan dan kemantapan menjelang HUT RI ke 76 dapat diyakini akan baik dan lancar

Lebih lanjut , Dominikus menguraikan bahwa,"sebagaimana HUT RI Ke-76 akan dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang. Pemerintah mengusung pada tema HUT RI Ke-76  merupakan visualisasi tema yaitu 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh".

Tema tersebut mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik, tandas Dominikus.

Tema diatas mengemas 4 unsur utama sebagai wujud eksistensi dan stabilitas NKRI ditengah pademi covid-19, yakni; 

* Stabilitas dan Pembangunan

Bentuk angka "7" diasosiasikan sebagai bagian dari "tiang pancang" infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk ini melambangkan "kepala Garuda" yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara.

* Gerak dan Pertumbuhan

Bentuk angka "6" diasosiasikan sebagai "orang & roda yang sedang bergerak" terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

*Ruang Kebersamaan

Bentuk ini diasosiasikan sebagai "ruang" yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu dapat diasosiasikan bentuk "panah" yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan.

*Persatuan dan Harapan

Bentuk "lingkaran" merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Bentuk ini juga dapat diasosiasikan sebagai "persatuan" Indonesia.

Dalam rangka menyemarakkan HUT RI Ke-76, masyarakat diajak untuk turut serta berpartisipasi dengan melaksanakan hal-hal antara lain sebagai berikut:

1. Mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1-31 Agustus 2021,

2. Memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya, di lingkungan secara serentak sejak tanggal 1 Juli-31 Agustus 2021,

3. Penggunaan logo HUT Ke-76 RI Tahun 2021 dan desain turunannya agar merujuk pada pedoman yang dapat diunduh pada website Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go. id),

3. Mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Ke-76 Kemerdekaan Rl Tahun 2021 ke dalam berbagai bentuk media, seperti desain/tampilan website/media sosial, tayangan pada media televisi dan online, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk suvenir, media publikasi cetak dan elektronik, dan lain-lain, sesuai kemampuan masing-masing.

4. Menyelenggarakan program, kegiatan, campaign baik secara daring maupun luring untuk menyemarakkan Bulan Kemerdekaan.

5. Pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10.17-10.20 WB, selama 3 menit, semua kegiatan/aktivitas segera dihentikan. Setiap masyarakat dituntut untuk berdiri tegap saat lagu lndonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan daerah guna menghormati peringatan detik-detik Proklamasi. 

Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi setiap orang dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri dan orang lain apabila dihentikan.

"Harapan bagi generasi muda, adalah tindakan yang berkonsekuensi pemeliharaan dan perkembangan dalam mempertahankan nilai-nilai kemerdekaan dan mengisi perjuangan dengan kepastian kerja, mengabdi, loyalitas dan kesetiaan", pinta Dominikus. 

Sikap dan iman mental generasi terus dipacu sekuat mungkin agar tidak manja manis dengan berpangku kaki atau berjalan tanpa arah dan tujuan yang pasti. Akan tetapi ketika generasi muda melangkah harus memiliki komitmen pada tujuan mengembangkan diri dan mengaktulisasi sikap dan iman mental yang membangun, memberdayakan dan mengembangkan diri bukan sikap iman yang kosmetik yang indah sesaat, dan mudar pudar bahkan merusak keindahan keasliannya.

"Dengan demikian ikatlah pinggang mu erat ditengah gelumut pademi covid-19 ini dengan menjaga stabilitas  persaudaraan, pembangunan menuju pemberdayaan karakter generasi muda, serta menjadi pengayom bagi masyarakat yang membutuhkan dan berbuat kasih ditengah ruang kebersamaan dalam rangka terwujudnya harapan kebahagiaan dan kedamaian sebagai generasi yang berintelek, generasi yang tangguh, generasi tanggap dan generasi berkompeten dalam mengisi kemerdekaan RI di tahun 2021 ini", tutup Koordis THS-THM Keuskupan Atambua.

Teriring salam "Pro Patria Et Ecclesia"

(Novry/SN)

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup