Lima Kecamatan di Malaka Lakukan Perekaman E-KTP Terpusat di Laenmanen

Malaka,Spektrum-ntt.com|| Kegiatan perekaman E-KTP terpusat ini melibatkan beberapa kecamatan yang tersebar di wilayah Dapil III Malaka, diantaranya: Kecamatan Io-Kufeu, Kecamatan Sasitamean, Kecamatan Botin Leobele, Kecamatan Malaka Timur dan Kecamatan Laenmanen. 

Demikian disampaikan Camat Laenmanen Blasius Berek Bau, S.Ip ketika ditemui media ini di ruangan kerjanya. (29/07 /2021) 

Hal ini dilakukan dengan alasan bahwa untuk sementara mesin pencetak E-KTP yang tersedia disetiap kecamatan terkait sedang bermasalah dan tidak beroperasi oleh karena itu sesuai dengan perintah wakil bupati Malaka Louise Lucky Taolin, S.Sos bahwa perekaman E-KTP untuk masyarakat yang tersebar di lima kecamatan ini hanya bisa merekam E-KTP di Kecamatan Laenmanen untuk mengurangi kemacetan-kemacetan yang sudah terjadi disekitar ruang lingkup lima kecamatan ini.

Demi menjawab pengeluhan masyarakat di wilayah Kecamatan Laenmanen guna peroleh E-KTP karena jarak antara Disdukcapil Malaka dan Kecamatan Laenmanen yang begitu jauh,Camat Laenmanen, Blasius Berek Bau, S.Ip lakukan strategi untuk menanggulangi kendala yang dihadapi oleh masyarakat Laenmanen,( 29 Juli 2021). 

Camat Laenmanen, Blasius Berek Bau, S.Ip ketika ditemui media di ruangan kerjanya menyampaikan bahwa untuk tahun 2021, terutama di bulan Juli ketika para pelajar telah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi banyak yang membutuhkan (mengurus, red) E-KTP. 

Untuk penyampaian informasi bagi seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Laenmanen Blasius Berek Bau telah menyurati sembilan Desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Laenmanen. 

"Hal ini bermaksut untuk memberikan himbauan kepada masyarakat yang belum memiliki E-KTP dan bagi masyarakat yang sudah melakukan foto tetapi belum memiliki identitas berupa E-KTP dipersilahkan untuk mendatangi kantor camat untuk mengecek hasil rekaman E-KTP", Himbau Blasius 

Dikatakan Blasius bahwa himbauan tersebut semata-mata tidak disampaikan satu kali akan tetapi dirinya telah melakukan komunikasi bersama 9 orang Kepala Desa (Kades, red) di wilayah Kecamatan Laenmanen baik melalui via Short Messege Service (SMS) maupun melalui telepon seluler agar selalu dan senantiasa mengingatkan masyarakat dan memberikan himbauan secara berulang. 

Lebih lanjut, Blasius Berek menyampaikan bahwa dirinya telah menyediakan dua orang tenaga teknis agar bisa memberikan pelayanan kepada semua masyarakat yang datang guna memperoleh E-KTP secara individu di kantor Camat Laenmanen. 

Pihak kecamatan akan melayani masyarakat terhitung dari jam 08:00 WIB s/d Jam 04:00 wita sesuai jam kantor. 

"Apabila rentan waktu yang telah di tentukan, namun dalam pengelolaanya tidak mencapai target kebutuhan masyarakat maka akan tetap melanjutkan sampai dengan selesai. Jangan memulangkan masyarakat yang sudah bersusah payah untuk datang ke kantor camat" Ujar Blasius 

Untuk memfasilitasi masyarakat ketika ingin mengetahui informasi terkait apakah rekaman E-KTPnya telah jadi atau belum Blasius Berek telah menugaskan salah satu staf untuk memberikan nomor kontak pribadi kepada masyarakat agar setelah melakukan perekaman E-KTP maka masyarakat dapat menghubungi operator untuk mengecek ulang identitas masyarakat, apabila E-KTP telah berhasil dicetak maka pihaknya bisa menghubungi masyarakat, mendatangi kantor camat guna mengambil E-KTP yang telah diterbitkan. 

"Jelang beberapa hari berikutnya, strategi awal akan digantikan dengan strategi baru yakni pihak kecamatan memberikan nomor kontak pribadi kepada masyarakat. Hal ini bermaksud supaya setelah masyarakat menyelesaikan rekaman E-KTP di Kantor Camat, masyarakat bisa mengecek hasil dari rekaman yang telah dilakukan dihari berikutnya melalui nomor kontak pihak kecamatan"Ungkap Blasius 

Pihak kecamatan memberikan waktu selama 1 minggu kepada staf teknisi untuk melakukan perekaman E-KTP. Setelah usai perekaman, dirinya (Camat Laenmanen, red) akan memberikan tanggung jawab kepada salah satu stafnya untuk mengantar hasil rekaman ke pihak Disdukcapil Malaka untuk dicetak E-KTP.

"Apabila rekaman E-KTP telah berhasil dan dicetak, maka pihak kecamatan akan menghubungi dan meminta masyarakat agar bisa mendatangi Kantor Camat untuk mengambil KTP yang telah dicetak sesuai dengan identitas masyarakat yang diperoleh saat pelaksanaan perekaman", tutup Blasius *(Novry Nana) 

Youtube Spektrum-ntt TV

LIVE TV ONLINE

Komentar

wave

Tekan ESC untuk menutup