EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish

Tak Bayar Uang Relawan Covid-19 PJS Desa Gera Sikka Menghilang, Warga Bertanya-Tanya

Tak Bayar Uang  Relawan Covid-19 PJS Desa Gera Sikka  Menghilang, Warga Bertanya-Tanya

SIKKA. Spektrum-ntt.com || Bertempat di lokasi aula kantor Desa Gera- Ratenggoma, kecamatan Mego- Sikka, warga berbondong-bondong hendak mengikuti klarifikasi pejabat Desa gera dan BPD desa Gera di Aula kantor Desa gera, Sabtu 16 Januari 2021. Klarifikasi oleh bapak pejabat Desa Gera dimaksud yakni soal penggunaan dana Corona khususnya dana insentif relawan. 

Namun bapak pejabat Desa Gera tidak bisa hadir di kantor desa Gera dengan tidak memberikan alasan yang pasti.

Gaudensius Giliardus, warga dari dusun 3 Desa Gera dihadapan awak media mengatakan bahwa anaknya yang bernama Petrus Thomas Lejo, yang namanya tercantum dalam SK relawan Covid-19 Pemdes Gera sampai saat ini belum dibayarkan dengan tidak memberikan alasan yang jelas.

 Menurutnya bahwa posko covid-19 di Wolokoli lokasinya berdekatan dengan rumahnya dan berdasarkan pantaunya anaknya ikut berpartisipasi dalam tim satgas dimaksud. 

Bapak Giliardus menyayangkan kebijakan pejabat Desa yang terkesan tertutup, sementara informasi yang beredar bahwa sebagai PNS di desa menerima insentif tim satgas sementara nama mereka tidak tercantum dalam SK relawan Covid-19 pemdes Gera.

Paolus Kame, tim satgas yang hadir mengatakan bahwa sampai saat ini baru dua bulan uang tim diterimanya, sementara itu menurutnya bahwa seharusnya uang yang diterima terhitung tiga bulan sesuai SK. Menyangkut pengalihan uang sisa ke pihak lainnya sampai saat ini belum diketahuinya. 

 Andres Rongga, salah satu tokoh muda mengatakan bahwa berdasarkan pantauanya seluruh Tim satgas Desa Gera sesuai SK bekerja secara optimal. Menurutnya masih ada beberapa nama yang di-SK tersebut yang belum mendapatkan haknya secara utuh. Patut diduga, uang relawan tersebut sudah dialihkan ke para PNS di Desa Gera diluar SK. 

Benediktus Soru, tokoh masyarakat desa Gera merasa kecewa dengan sikap PJS Gera yang tidak mau datang klarifikasi. Lebih jauh beliau mengatakan bahwa akan terus mendesak masyarakat untuk menagih hak-hak mereka. Dan jika PJS Desa Gera tidak membayar uang relawan covid-19 maka mereka akan melaporkan kasus ini ke pihak penegak hukum. 

"Kami akan terus mendesak PJS Desa Gera untuk segera membayarkan uang relawan yang merupakan hak masyarakat. Jika tidak bayar kami akan melaporkan kasus ini ke pihak penegak hukum".

Antonius Toni, PJS Desa Gera pada kesempatan lain di hadapan awak media (7/01/2021) mengatakan bahwa ada dua Surat keputusan Pemdes Gera yakni SK pertama dan SK kedua. Untuk SK kedua merupakan SK tambahan tim Satgas covid-19 Desa gera sementara soal pembayaran untuk tim satgas covid-19 didasarkan pada kinerja kerja. 

" Yang kerja satu bulan akan dibayar satu bulan, yang dua bulan kerja akan dibayar dua bulan, sementara yang tidak kerja tidak dibayar, tuturnya.(**/red

 

penulis Orinus

editor EppyM photo istimewa