EnglishFrenchGermanItalianPortugueseRussianSpanish

Relawan Caritas Indonesia Peduli Warga Korban Gempa di Mamuju

Relawan Caritas Indonesia Peduli Warga Korban Gempa di Mamuju

Mamuju.Spektrum-ntt.com || Tim Relawan Caritas Indonesia (RCI) peduli kemanusiaan salurkan 174 plastik sambako bagi warga korban gempa di tiga lokasi posko pengungsian.(19/01/2021)

Gempa bumi yang berkekuatan (M) 6,2 mangnitudo mengakibatkan banyak korban dan banyak tempat tinggal warga yang runtuh, serta gedung kantor Gubernur Sulbar, sesuai informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 84 orang meninggal akibat gempa di Sulbar dan terdapat 932 orang mengalami luka ringan maupun berat.

P. Damianus Eko, Cmf saat di konfirmasi media melalui whatsApp ia menjelaskan bahwa warga korban gempa perlu ada perhatian serius dari semua pihak, dan pada hari ini (19/01/2021) ia bersama kedua rekan Pastor serta Tim Relawan Caritas Indonesia (RCI) membagikan 174 kantong plastik di tiga lokasi posko pengungsian. 

" hari ini kami tiga Pastor bersama Tim Relawan Caritas Indonesia lakukan pembagian sambako bagi warga korban gempa di tiga lokasi posko yakni posko Rangas Timur, lokasi sekitar stadion Mannakarra dan belakang Rumah Sakit Mitra. Hari ini ada 174 plastik sembako dan Tim Relawan Caritas mencari korban yg sungguh-sungguh membutuhkan di tempat-tempat yang terisolasi oleh dampak gempa" jelas Pater Dami 

Aksi nyata dari Tim Relawan Caritas Indonesia ini mendapat respon positif dari warga korban gempa di Mamuju, Karena di tengah disituasi saat ini tentu sangat membutuhkan uluran tangan kasih dari setiap elemen baik masyarakat swasta maupun pemerintah.

P. Damianus Eko, Cmf mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang tiba di Kota Mamuju untuk meninjau wilayah terdampak gempa bumi. 

"Mereka sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan karena ditengah kesulitan hidup yang dialami oleh mereka masih ada yang mau bermurah hati untuk berbagi, dan Semoga pemerintah juga membantu masyarakat apalagi hari ini Presiden juga datang ke Mamuju untuk melihat langsung situasi" jelas Pater Dami 

P. Damianus Eko, Cmf membeberkan bahwa Sesuai informasi Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana jumlah korban meninggal dunia akibat gempa Senin 18/01/2021 pukul 14.00 WIB menjadi 84 orang. Rinciannya, 73 orang meninggal di Kabupaten Mamuju dan 11 orang di Kabupaten Majene.

Dan juga Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga melaporkan sebanyak 19.435 orang mengungsi pascagempa M 6,2. Rinciannya, 4.421 orang mengungsi di Kabupaten Majene dan 15.014 orang mengungsi di Kabupaten Mamuju.

Ketiga Pastor yang bersama dengan Relawan Caritas Indonesia ialah (Pastor Oct.Samson Bureny, Pr ), Pastor Paroki Mamuju (Pastor Viktor Wiro Patinggi, Pr) dan Pastor Damianus Eko, Cmf. 

Penulis: Nixon Tae